Mengatasi Hilang Ingatan Saat Hamil

Banyak wanita yang sering lupa atau hilang ingatan pada saat hamil, terutama pada masa kehamilan trimester ketiga. Kondisi ini cukup membuat kewalahan. Bagaimana cara mengatasinya?

Hilang ingatan pada saat hamil bisa disebabkan oleh perubahan hormon, stres, kecemasan, gangguan tidur, atau melakukan pekerjaan yang berlebihan.

Hilang ingatan ini bisa menyebabkan wanita hamil menjadi frustasi dan bahkan dapat lebih menakutkan bila ingatan yang hilang cukup parah.

Seperti dilansir dari Ehow, Senin (12/4/2010), berikut cara mengatasi hilang ingatan pada ibu hamil:

1. Konsumsi vitamin memori

Sumber makanan mengandung asam lemak esensial seperti ikan dan kacang sangat penting untuk komunikasi yang efisien dengan otak. Wanita hamil dan menyusui memerlukan tambahan omega-3 untuk memastikan otak bayi diberi makanan yang benar dan juga bisa meringankan gejala hilang ingatan saat hamil.

Ginkgo biloba juga dikenal sebagai penguat memori superior. Para peneliti telah menunjukkan bahwa penggunaan ginkgo biloba secara teratur meningkatkan sirkulasi ke otak.

2. Catat kegiatan yang dilakukan

Buatlah daftar kegiatan dengan menggunakan agenda harian atau notebook kecil. Pastikan selalu menempatkan kunci mobil atau apapun di tempat yang sama. Hal ini akan memudahkan Anda jika hilang ingatan menyerang saat hamil.

3. Sederhanakan hidup

Bersikaplah tenang dan tundalah tugas yang memang bisa ditunda. Memaksakan diri melakukan hal-hal seperti membersihkan lemari atau menata ruangan tamu dapat membuat lupa parah.

4. Lupa adalah normal

Ingatkan diri bahwa lupa adalah bagian normal dari kehamilan. Jangan terlalu memaksakan diri untuk mengingat hal yang benar-benar tak bisa diingat. Hal itu akan semakin memperparah hilangnya ingatan pada saat hamil.

5. Mintalah bantuan orang lain

Mintalah pertolongan orang lain jika merasa kewalahan atau kelelahan. Berbelanja keperluan bayi, mengantarkan anak ke sekolah atau kegiatan lainnya yang tak sanggup Anda lakukan, serahkanlah pada anggota keluarga yang lain, untuk meringankan hilangnya ingatan. (Merry Wahyuningsih – detikHealth)

Artikel yang berkaitan :

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s