Penyebab Mudah Lupa (Tips Menghilangkan kebiasaan Pelupa)

Hilang ingatan bisa membuat orang frustasi dan lebih menakutkan bila ingatan yang hilang cukup parah. Ada banyak alasan medis yang membuat seseorang bisa menjadi lupa. Kenali apa saja penyebab mudah lupa.

Secara medis, lupa atau tidak ingat merupakan ketidakmampuan seseorang untuk mengungkapkan apa yang ada di dalam memori otaknya. Ada orang yang mudah sekali lupa meletakkan atau membawa barang dan juga mengingat suatu informasi.

Beberapa hal bisa menjadi penyebab seseorang mudah lupa seperti terlalu banyak informasi yang diterima oleh otak (overload), adanya penyakit yang mengakibatkan lupa atau kondisi lainnya.

Seperti dikutip dari eHow, Selasa (13/4/2010) ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab seseorang mudah lupa, yaitu:

Sakit kepala migrain
Jika seseorang menderita migrain, maka kondisi ini akan menimbulkan rasa sakit di kepala dan sesudahnya membuat seseorang menjadi bingung serta pelupa.

Konsumsi ganja
Seseorang yang memiliki kebiasaan mengonsumsi ganja akan mengalami kesulitan utuk mengingat apa saja yang terjadi hari ini. Penggunaan ganja menyebabkan gangguan memori dan berpikir, gangguan koordinasi serta kurangnya konsentrasi.

Menopause
Saat memasuki periode pra-menopause atau menopause, seseorang akan mengalami berbagai gejala yang merupakan akibat dari perubahan hormon yang drastis.

Penyakit Alzheimer
Penyakit ini ditandai dengan gejala mudah lupa, ketidakmampuan untuk berkonsentrasi dan gangguan memori. Selain itu penyakit ini juga menimbulkan kekacauan di otak seseorang sehingga menyebabkan mudah lupa dan kebingungan.

Cedera di kepala
Sebuah cedera kepala seringkali memicu trauma di otak yang berkelanjutan hal inilah yang menyebabkan hilangnya memori dan lupa.

Hipotiroid
Suatu kondisi kekurangan tiroid karena tubuh tidak bisa memproduksi hormon tiroid yang cukup dapat mempengaruhi ketidakmampuan seseorang untuk mengingat.

Depresi
Kondisi depresi bisa menyebabkan hilangnya minat dalam segala hal sehingga tak heran jika orang yang depresi seringkali tidak mampu mengingat sesuatu atau lupa. Hal karena ia terganggu oleh pikirannya sendiri akibat perasaan dan kecemasan yang berlebihan.

Jenis kelamin
Otak laki-laki dan perempuan berbeda yang ditunjukkan melalui pencitraan otak (brain imaging). Otak perempuan sangat aktif dan selalu berpikir, sedangkan otak laki-laki cenderung lebih tenang. Hal ini membuat laki-laki cenderung pelupa dibandingkan perempuan dan laki-laki membutuhkan stimulasi atau rangsangan pada otaknya.

Dilansir dari Scientificamerican, ada dua jenis memori:
1. Memori jangka pendek (memori kerja), yaitu berisi informasi tentang hal-hal yang dilalui dan dipikirkan saat ini. Seseorang akan sangat fokus pada rincian mengenai pikiran yang ada saat ini.

2. Memori jangka panjang, berisi informasi yang disimpan di dalam otak dan biasanya berisi informasi di masa lalu. Jika seseorang mengalami sesuatu di masa 20 tahun lalu, ia mungkin dapat mengingatnya tapi tidak bisa memberikan rincian secara detail.

Beberapa orang memiliki kemampuan luar biasa untuk mengingat dan seakan tak pernah melupakan apapun. Namun ada juga seseorang yang mudah sekali lupa akibat ketidakmampuan memori otak untuk menyimpan informasi dalam jangka waktu lama.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari lupa parah:

1. Konsumsi vitamin memori
Sumber makanan mengandung asam lemak esensial seperti ikan dan kacang sangat penting untuk komunikasi yang efisien dengan otak. Ginkgo biloba juga dikenal sebagai penguat memori superior yang meningkatkan sirkulasi darah ke otak.

2. Catat kegiatan yang dilakukan
Buatlah daftar kegiatan dengan menggunakan agenda harian atau notebook kecil. Pastikan selalu menempatkan kunci mobil atau apapun di tempat yang sama. Hal ini akan memudahkan Anda jika hilang ingatan menyerang.

3. Membaca buku
Mungkin terdengarnya agak klasik, tapi para peneliti dari Mayo Clinic menunjukkan bahwa membaca bisa menurunkan risiko kehilangan memori hingga 30-50 persen. Jadi jangan lupa membaca buku dimanapun Anda berada. Bacaan seperti buku-buku ilmu pengetahuan dan novel adalah bacaan yang paling bisa membantu meningkatkan kemampuan otak. (Vera Farah Bararah – detikHealth)

About these ads
    • maychel
    • July 20th, 2010

    bagaimana cara menghilangkan frustasi ya pak?

    • yuda yps
    • August 10th, 2010

    pak vitamin buat memory otak yang bagus apa pak?????? biar ga ada epek sampingnya

    • Dedi Trisnadi
    • September 22nd, 2010

    lechitin=membantu memperlancar otak berpikir mengatasi frustasi (masalah putus cinta makan 3 kapsul)
    sage=meningkatkan kemampuan kognitif otak
    minyak ikan/omega 3 & 6=perkembangan pertumbuhan sel otak
    jahe=menguatkan memori
    gingko biloba=meningkatkan memori
    vitamin b =hubungan otak dan saraf
    biotin= memperbaiki mood otak
    buah apel=menyadarkan otak/terjaga/allertness lebih baik daripada kopi/caffeine
    serotonine=menenangkan otak (serotonin terdapat dalam karbohidrat alami misalnya beras merah,kentang,ubi etc)
    glukosa=melancarkan peredaran darah ke otak mengurangi pening kepala ,terdapat dalam kismis,kurma,gula jawa etc
    oxygen=kalau ini memang buat bernafas menjernihkan otak terdapat dalam udara segar

  1. rekan saya ada yang mengkonsumsi……apakah efek dari nikotin atau zat seperti narkoba itu panjang,,,,apakah sangat berpengaruh untuk jangka waktu yang relatif lama ? gimana ya bpk…terima kasih informasinya

  2. Wah…… Kalo saya itu orangnya dikenal temen2 saya sebagai orang yang pinter… Tapi pas dirumah saya langsung jadi kyk orang bego yg sulit berpikir.. Itu karena apa ya???

  3. kayaknya boleh dicoba ni gan…ane lagi pusing nyariin flashdisk yg ilang disekitar kamar…keliling kamar udah gw obok2 nggak ketemu2 jg…kebangetan pikunnya gan….aduuuhhhh pusiiiiinnng :)

  4. kalau minum suplemen otak, seperti cerebrovit dan kawan-kawannya… bagus gak y kira-kira…? trus ad efeksampingnya nggak tu??

    • M.Fadhillah.
    • February 18th, 2011

    ass
    gini pak,saya semenjak masuk SMA,saya menjadi mudah lupa,saat belajar susah masuk apa yang telah saya pelajari, mengingat sesuatu yang telah tadi pagi atau kemarin saya lakukan juga kadang sulit. mohon solusinya

  5. apakah penyakit pelupa itu pnyakit kturunan pak?..

    • aditya
    • May 25th, 2011

    kenapa saya jadi pelupa ya pa padahal umur saya baru 18 tahun….
    kira2x kenapa ya pa….?????

    • agil
    • August 22nd, 2011

    kakak saya sering mengalami kejang..2 tahun trakhir dia sdh kejang 4kali.sdah periksa k dokter tp tdk ada pnykt yg srius.yg ke empat itu menyebabkan dia pelupa,melupakan kejadian masa lalu.apa mgkn itu krna stres/frustasi?krna memang sblm nya dia pnya masalah dgn keluarga..klo memang krna frustasi..saya mhon masukan nya agar dia bsa mengingat lg..

    • hendri
    • October 9th, 2011

    SAYA HENDRI
    EMAIL SAYA hendrilows@yahoo.co.id
    kalau mau menghilangkan penyakit lupa memakai obat cerebrovit bagus tidak mohon dibalas yah

  6. Waah ngmg2 soal pelupa, itu pnyakit yg tdak bs mengesampingkan faktor herediter.TIDAK BISA DI PUNGKIRI.

    Dan jika hanya teori, saya rasa akan sia2 saja menyingkirkan pelupa itu.
    Yg paling baik, kenali diri anda dgn baik, lakukan riset pd diri anda sndiri.cari selah pada diri anda.

  7. saya sering lupa dengan sesuatu yang baru2 saya lakukan, misalya mengingat kembali kata2 yang saya ucap, atau menaruh benda,,
    pertanyanya: bagaimana cara menghilangkan hal tersebut

  8. Terimakasih ya, atas info & ilmuya… bagus tulisannya

    • Kiky Rizqia
    • January 16th, 2012

    saya sering kali merasa pusing. jika harus mengingat apa yang tidak bsa saya ingat lagi. bahkan untuk mengingat kejadian seminggu yang lalu saya mudah lupa. tapi, terkadang ingatan saya kembali normal. kira-kira apa yang terjadi dengan saya ya pak. mhon penjelasan nya pak..

    • angelita
    • January 26th, 2012

    trimakasih ya,,infonya sangat berguna

    • ida fitrianingsih
    • February 13th, 2012

    kenapa sih orang bsa jadie pelupaan pak?

  9. Artikelnya menari sekali dan seperti yang saya alami..sy sering pelupa..apakah karena overload pemikiran atau karena faktor usia diatas 40 th ? terima kasih ..

    • tirza
    • April 17th, 2012

    stress/frustasi yang pernah saya alami bwt saya jdi pelupa, bahkan pelupa sekali… smp2 d kantor sya sering d tegur krn saya pelupa. solusinya apa yaah??

    • Sinta
    • May 23rd, 2012

    Saya mau bertanya,kenapa yah semenjak SMA saya mudah lupa jika belajar dan mnaruh benda,pdhal sebelumnya saya tidak separah itu,prestasi sekolah cukup bagus tpi saat bernjak SMA setiap semester selalu turun nilai saya,dan bnyknya problem baik dirumah dn pribdi yg membuat sya tdak tenang selalu cemas,takut,nervous dll..
    saya mohon jwbnnya : ))
    By : sinta meliawati

    • nasirudin latif
    • May 25th, 2012

    minta ijin copas ya??
    thanks

    • ivanka maulana
    • May 25th, 2012

    saya mu nanya pak……vitamin apa ya pak yang bagus buat daya ingat biar lebih baik,,,???
    trims

    • Dicka Ramdani
    • June 4th, 2012

    saya penyakit lupa nyaa lumayan berat gimna donkkk hilanginnya.

  10. makasi pak buat infonya

  11. saya sering lupa karena banyak mikirin orangtua. karena sering kangen terus.itu gimana cara ngilanginnya ? :'(

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.