Macam-Macam Penyakit Kelamin Pada Wanita

Jika anda diduga memiliki masalah yang berhubungan dengan penyakit kewanitaan apakah itu periode mentsruasi yang tidak teratur, masalah hormonal atau penyakit yang disebakan hubungan seksual (STD), sebaiknya selalu periksakan ke dokter.

Ini penting untuk mengetahui gejala yang ditimbulkan dan juga untuk mendapatkan informasi mengenai masalah kesehatan seksual yang banyak wanita hadapi, bagaimana mencegahnya dan bagaimana melindungi diri.

Karena masih ada stigma mengenai kesehatan seksual, banyak wanita menghindari pergi ke dokter padahal penghindaran ini dapat mempengaruhi kesehatan serius termasuk kesuburan.

Berikut beberapa penyakit umum yang wanita hadapi dan cara menjamin kesehatan kewanitaan tetap sehat:

HPV

Human papillomavirus (HPV) adalah salah satu infeksi virus yang disebabkan oleh hubungan seksual paling umum. Sebagian besar penyakit ini tidak begitu berbahaya tetapi jika test smear nampak tidak normal, dokter akan menyarankan untuk test lab.

Cara untuk mengatetahui HPV adalah dengan cervical smear atau screening kesehatan seksual. Yakinlah untuk memeriksa secara teratur setidaknya satu kali setiap tiga tahun. Berhenti merokok karena penelitian menemukan hubungan antara merokok dan kanker vulva dan gunakan kondom.

PID

Pelvic Inflammatory Disease (PID) mempangaruhi satu dari 10 wanita dan jika dibiarkan akan menyebabkan ketidaksuburan. Gejala yang mungkin timbul pinggul sakit saat hubungan seks, pendarahy ang tidak teratur atau perubahan bau pada vagina. Segera periksa ke dokter jika anda menemukan gejala itu. Penyakit ini dapat dengan mudah disembuhkan dengan antibiotik.

Upaya pencegahan PID adalah lakukan seks yang aman dan memeriksakan secara teratur. Kadang-kadang gejala tidak begitu jelas sampai semua terlambat.

BV

Bacterial vaginosis adalah salah satu infeksi vagina yang paling umum diantara wanita diusia beranak. Penyakit ini sering dianggap hanya infeksi karena memiliki gejala yang sangat umum dengan infeksi biasa.

Gejala dari ketidakseimbangan bakteri dalam vagina termasuk gatal, aroma amis dan perubahan dalam vagina. Jangan biarkan gejala-gejala tersebut dan yakinlah untuk diperiksa dan disembuhkan dengan baik. Jika dibiarkan, ini akan meningkat resiko berkembang menjadi PID

Artikel yang berkaitan :

About these ads
    • winda
    • January 12th, 2011

    dok,,,aku winda umur 22 thun.daerah intimku pada labia minoraku agak terasa sakit dan gatal setelah aku periksa sendiri ternyata ad keputihan yang membandel pada daerah V saya…pas ak mw bersihkan yg wrna putih pke tissue ternyata ad darah jg yg menempel pd tisue itu.ak mulai khawatir dok…agak ngeri keliatannya.aku bersihkan pke sabun cair pembersih daerah kewanitaan.yg mw ak tanyakan apakah tidak berbahaya bgi rahim ak dok???tks

    • eryc
    • February 26th, 2011

    dok saya seorang laki laki yg sdh menikah.sy mw tanya..bgni…d daerah intim / vagina istri saya kok ada benjolan dan katanya rasanya sakit.letakny d kulit sebelah bawah.da juga d daerah lbium mayora nya kok ada bintil bintil kyk jamur dan rasanya gatal. gmn dok?apa bhya.dan bgmn penyembuhannya.thanks dok

      • mey
      • July 9th, 2012

      Dok, sy mau tanya dok. Kenapa akhir2 ini missV ku terasa sangat gatal, dan ada benjolan kecil2 di daerah vagina. Itu disebabkan oleh apa ya dok? Berbahaya kah? Sy minta penjelasan ny dan apa saja yang harus sy lakukan? Trims dok :)

    • erly
    • March 26th, 2011

    Dok, saya erly 24 tahun. Saya mau tanya tentang daerah v saya,
    Akhir2 ini sering sekali merasa gatal apalagi sesudah buang air kecil dan terkena air, rasa gatal itu tiba2 muncul.
    Saya rajin memotong rambut kelamin hingga botak. Dan pas saya lihat ada bulatan (tapi tidak menonjol) berwarna putih seperti panu kecil2. Saya rasa itu yang membuat saya gatal.
    Itu kenapa ya dok?
    Saya belum sempat periksa ke dokter.
    Mohon pencerahannya, terima kasih.

    • CHIKA
    • March 30th, 2011

    asslm…
    dok…aku chika umurku 19 thn,,
    saya mau tanya,gini dok di dekat/samping saluran buat BAK tu terdapat bentuk yang sama seperti saluran tu.tapi agk panjang dikit dari tu and gak kerasa sakik sama sekali.tu ada sejak aku kecil .
    menurut dokter.itu penyakit atau bukan? dan seharusnya gmna?saya lum sempet periksa dok..cos saya di pondok
    mohon pencerahannya,,trima kasih

      • syarifa
      • November 26th, 2012

      menurutku itu ductus paraurethralis , jadi di orifisium uretra eksterna (lubang bak) itu ada saluran buat sekresi cairan , misal jika wanita terngsng dan mngluarkan cairan (sinonim dengan kelenjar prostat pria yg hasilkan semen).
      tapi itu kecil banget saluranya , mgkin gak bgitu terlihat . tapi itu normal kok…..namanya lubang paraurethralis

    • diana
    • March 30th, 2011

    dok sya diana,usia 23th bersuami bgini dok saya mau tanya kenapa y terkdang mentruasi sya g lancar??trus trkdang g dras pndrahanxa dok.
    sya terkdang jga keputihan dok,oia terkdang sya jga ad rsa gatal didaerah selangkangan dok..ap itu brbahaya dok??sya belum sempat melakukan pemeriksaan dok..mohon jawabanxa y dok..trims

      • syarifa
      • November 26th, 2012

      tidak mens ato amnhore , ada berbagai sebab…
      mulai dari uterusnya , ovarium , hipofisis dan hipothalamus
      karena tdk melihat lngsung , coba langkah awal hindari stress ( karena mekanisme pengeluaran hormon itu dari otak), atau mngkin anda mnglami pnrunan BB mendadak…..
      tdk deras , tidak apa2 asal teratur 21-35 siklusnya , misal warna agak coklat htam sedikit gak pa2, bisa karena anda anemia def fe

    • lian
    • April 5th, 2011

    pid bisa disembuhkan ga dok????

    • lisa
    • June 3rd, 2011

    sya lisa 22th..udah hampir sebulan ini daerah v saya terdapat bejolan kecil2 sampai di daerah bokong saya dan rasanya cuku gatal.apa itu berbahaya dok??klo iya apa nama penyakitnya?apa bsa disembuhkan?

      • syarifa
      • November 26th, 2012

      jangan2 kondiloma akuminata …. apa seperti jengger ayam ? benjolan kecil2 yang mengumpul ?

    • hendra
    • June 25th, 2011

    Dok mau tanya istri saya di lubang vagina nya kaya ada bintik2 putih gitu seperti sariawan, kira2 penyakit apa yah itu dok, mohon pencerahannya, terima kasih…

    • suci
    • July 2nd, 2011

    dok , saya suc umur saya 16 tahun ,
    dok saya mau tanya knapa ya didaerah v saya sering ngilu tapi sakit itu knapa ya dok,
    kira-kira berbahaya apa ga ya dok soalnya saya blum sempet cek ke dokter !
    tolong jawabannya ya dok trims

    • Lusy
    • July 24th, 2011

    Dok, kalo ada benjolan didaerah v saya itu artinya bagaimana ya dok? Saya gak tau apa2 dok, jd tolong dijelaskan itu apa, bahaya ato tidak, solusi dan yang dokter tau tentang itu ya dok. Terimakasih dok :)

    • Sri
    • September 3rd, 2011

    Dok, saya mw tny, penyebab keputihan it,, np dok??

    • icha
    • September 6th, 2011

    saya icha imur 18 dok.
    daerah v saya ada mlenting2an kecil gtu dan rasanya gatal sekali,, saya belum cek ke dokter, nah apa itu berbahaya..???? trus cara mengobatinya bagaimana..?????

  1. usia 17th.
    sy mnglami kputihan. tp gk berbau. cmn prtngahan hari” sblm mens, kputihan sy bnyk skli smpai CD sy bsh.

    • tina
    • September 29th, 2011

    dok saya tina,umur 24. saya skr lg hamil sudah memasuki bulan ke 5. tapi kog di vagina saya terasa sakit dan klr cairan putih seperti air,terus ada cairan kental seperti tahu gt dok. apakah itu jenis penyakit kelamin? apakah itu berbahaya? bagaimana cara mengobatinya? terima kasih

    • meymey
    • October 3rd, 2011

    Dok, baru baru ini saya merasa gatal di bagian V saya. Awalnya saya lg haid. Saya pikir rasa gatal karena saya pembalut yg jarang saya pki. Tpi setelah sli haid, gatal y masih tetep aja. Dan gatal y semakin parah. Sewaktu saya buang air kecil, warna y kuning seperti campur nanah dan bau nya busuk bgt. Itu napa ya dok. Gw sangat takut. Mngatasi y bagaimana ya dok?
    Terima kasih.

    • febby
    • October 4th, 2011

    dok, saya febbby 17 thn. knp daerah kewanitaan saya terasa sakit yaa??
    selalu pengen buang air kecil, tapi dikit2
    rasanya juga perih
    kadang2 saya sampai merinding kalo lagi kesakitan
    itu penyakit apa??

    • zuly
    • October 5th, 2011

    sya zuly 24 th bersuami,saat berhubngn dg suami d bawh lubang miss v sya tepatnya d bibirnya tersa sakit.entah kpn tepatnya stlh berhubungnan,sktr 1 mngguan d daerah itu ada benjolan dan seperti sariawan putih tp tdak tersa sakit.apakah itu dan bahayakah dok??mohon jawabnnya,trima kasih…

    • sari
    • October 7th, 2011

    dok. saya sering merasa gatal di daera v saya?? penyebabnya apa ya dok?? trus penyembuhannya?

    • nanda
    • November 2nd, 2011

    dok sya mhasiswa umur 21 thun
    sya mau bertanya
    knapa di dekat kobang pda kemaluan sya trdapat bisul atau benjolan berwarna cklt kehitam2an??tp ini tdk sakit dokitu penyakit apa?dan bsa di sembuhkan tdk?

    • sasha
    • November 19th, 2011

    Dok, saya mau tanya . Di daerah V saya terdapat seperti bintik2 kecil berwarna merah dan itu gatal tapi perih dan sakit dok . Saya pikir itu bisul tapi saya tidak yakin . Itu kira2 apa ya dan bagaimana cara menyembuhkan nya? Makasih..

  2. saya chriz umur 25 thn,sudah menikah,,begini dok d pangkal paha saya tumbuh benjolan yg jika d pegang rasanya sakit,dan d daerah v saya juga ada,apa itu berbahaya dok.dan sampai saat ni sy blm k dokter,tlg penjelasanya dok

    • inrie
    • December 3rd, 2011

    salam. dok…nama sy inrie usia 34thn. sy biasa cukur v sy sampai botak.tp dah beberapa bln ini stiap menjelang menstruasi sy kpthan spt tissue d basahin n hancur.sampai daerah v sy gatal.smpai lecet.n skrg dah beberapa hr ini spt sariawan…ada lapisan ptih d atas luka lcet’a.gmn cra mengatasinya jg apa obat’a…n daerah v sy jd hitam..apa ada obat’a tuk merbah wrna daerah v yg aman.terimakasih

    • dita
    • December 6th, 2011

    dok,.. dita 20 th,.. saya mau nanya dok,..
    bibir V saya sepetinya ada yg beda do, seperti semakin tumbuh n ad seperti bentolan kecil2,.. terkadang tersa gatal tapi gak mengganggu saya dok,.. sebenarnya itu disebabkan apa n penyembuhannya gma dok? tolong pencerahannya y dok,.. makasi sebelumnya ^_^

    • misa
    • December 11th, 2011

    dok saya wanita berumur 22 thn,
    sewaktu saya dan suami saya selesai berhub badan vagina saya tersa perih dan gatal. sewaktu buang air kecilpun BAK saya sakit…
    selang beberapa hari dekat BAK saya ad benjolan panjang tidak terlalu sakit tapi sangat tidak nyaman..
    saya harus bagaimana ini dok, apakah itu penyakit berbahaya
    bagaimana penanganaanya

    • gina
    • December 12th, 2011

    kenapa bila berhubungan sakit

    • mira
    • December 15th, 2011

    mau nanya dok, akhir2 ini daerah V saya sering gatal & perih. saya pakai albothil selama 2 hr sembuh tp klu bhub intim terasa sakit sekali. apa penyebabnya dok dan bagaimana penyembuhanny. mohon sarannya

    • amel
    • December 17th, 2011

    salam dok nama saya amel 18 tahun. saat saya buang air kecil, ada keluar sedikit cairan putih lalu dilanjutkan dengan cairan kencing. sudah 3 hari saya sakit saat buang air kecil, dan seperti merasa gatal di dalam vagina. saat saya mencoba merogoh kedalam vagina dengan jari telunjuk saya, saya merasakan seperti ada benjolan di dalam vagina saya, menurut dokter itu kenapa? saya mohon bantuan dokter dan bagaimana cara mengatasinya, terima kasih.

    • mimiii
    • December 19th, 2011

    dok aqw mo tanya aqw memiliki suatu masalah pada daerah vagina q aqw merasa gatal pada mulud vagina … q g thu tiba2 vagina q sering mengeluar kan cairan seperti pelumas tp aneh ny berwarana kehijau2an

    • Dewy
    • December 20th, 2011

    Dok,saya dewy umur 23th sdh berkeluarga & pnya 1 anak.
    Saya punya keluhan,d bagian V saya terasa sakit & gatal.trus sering keluar cairan2 putih.klo habis buang air kecil sering terasa perih dok.itu kenapa ya dok ?
    Tolong d jawab ya dok !
    Terimakasih

    • yuni
    • December 20th, 2011

    dokter saya yuni, saat mau selesei buang air kecil, bagian v saya terasa nyeri, seperti terangsang namun sakit.. sebelumnya saya kira karena waktu berhubungan intim, pasangan saya sempat menekan perut saya.. Krng dari 6 jam, saya bru merasakan setelah buang air.. apa itu tanda2 ada penyakit atau karena perut saya tertekan tadi?? namun sudah lebih dari 3 hari belum sembuh juga.. tidak ada tanda2 lain seperti gatal2, keputihan yg krg wajar, dan lainya.. cuman stlah bbrapa hari,pinggang saya agak sakit di sebelah kanan.. sakitnya pinggang saya apa karena waktunya menstruasi/ ada hubunganya dengan nyeri di bagian v saya??
    terimakasih

    • nurul
    • December 28th, 2011

    daerah V sya ad bentola[nya n rsany gatal.itu knpa n bgmna penyembuhannya??
    bahaya pa tdk??

    • lia
    • December 31st, 2011

    salam dok,, saya mau tanya knp,bagian bibir v nya, istri sy bengkak dan rasanya sakit, dan pegal ,kejadianya pas sehabis men,dan itu terjadi 2 bln belakangan ini. awal mulanya buat kencing sakit setelah di bw kedokter sembh sebentar dan skrang bibir vnya bengkak sebelah,tp buat kencing da ga sakit,,,,terima ksh sy ucapkan atas jawabanya dok

  3. mf dok saya leli umur 17thn.saya mengalami rasa nyeri d daerah v saya dn saya lihat d dkat glambir v sya ada bnjolan kcil sperti jrawat dn rasa ea perih skali.hmpir stiap sya buang air kcil sll trsa perh,dn d bgian bi2r v sya seperti sariawan gt,rasa ini muncul ssudh sya mensurasi,knva y dok apa penykit ini bs d smbuhkan.dn dngan apa d smbuhkn ea? mhon pencerahan ea dok.trims

    • Dea
    • January 18th, 2012

    Dok,sya mw tanya tntang problem saya
    sblmnya saya brumur 16 thn
    dok knp ya akhir”ini klo sya sdang buang air kcil tersa skt bg ya dok
    mohon dok pnjelasanya

  4. mf dok.sy leli umur 17thn.sy mengalami rsa nyeri d daerh v sy dn sy lhat d glambir v sy ada bnjolan kcil sperti jrawat dn rsa ea perh skali,stiap sy buang air kcil sll trasa perh,dn d bgian bi2r v sy sperti sariawan gt rasa ini muncul ssdah sy mensurasi dn tdk pernah trjd sblum ea,knpa y dok apa penykt ini bs d smbuhkn,dngan v d smbuhkn ea?kalo bleh taw apa nama penyakt ini.mhon pencrahan ea dok .trims

    • val
    • February 7th, 2012

    saya. vq 28 th
    saya dah pny 1 orang anak baru umur 1 th
    sktr 1 minggu belakangan ini vagina saya, ada timbul bercak seperti sariawan . rasa ny sakit dan gatal sekali
    apa sebenar ny sakit yg saya derita dok..pdhl saya dan suami saya tidak pernah melakukan hub sex di luar..
    tlng info obatny dok, sktny sungguh luar biasa sekali dok.. sehingga utk berjalan saja saya susah mnt ampun..
    tlng bantuanny dok.. apa sakit saya dan apa obat ny..
    tq dokter atas jawaban ny

  5. dok ,… ibu saya (57, sakit stroke dah jln tp tangan mls lemas ) dah sebulan ini vaginanya gatal knp itu ya ? apa penyebabnya dan obatnya ? mks dok…./

    • R A Kristanti
    • May 13th, 2012

    Salam.. saya kris 20th. saya mahu tanya dok. bibir v saya yg kiri lebih besar dari pd yg kanan. yg sebelah kiri semakin hari semakin besar. dan kadang2 terasa gatal pada bijinya. ketika mens datang, darahnya sangat sedikit. penyakitkah itu? bisakah disembuhkan? terimakasih..

    • Debby Ayu
    • May 18th, 2012

    dok., saya debby umr 23 thn., saya mau tanya.,d dlm miss v saya ada benjolan” kecil.. tpi kok apa pengaruh nya ketika saya buang air kecil., air seni saya berbau seperti obat yg sngt menyengat.,apalagi setelah bangun tdr.. kira” bahaya ga ya dok??

    • lili
    • May 27th, 2012

    maaf dok..
    sblumny umur sya 16 thun

    dok knpa di bgian bibir V sya tmbul bnjolan kcil sperti jerawat..!
    ap nma dri pnyakit ini dok
    apa pnyakit brpngaruh pda rahim
    mohon d.jlaskan krna sya tdak tau apa.”
    thanks yah dok

    • susy
    • May 30th, 2012

    dok.sy susy.sy sdg hamil 2 bln.sy mau tny.daerah V sy trsa gtal skli+mgeluarkan cairan kntal ptih.it pnykit ap+obt’y pa?

    • Anna kadulzky
    • June 14th, 2012

    dok,saya anna 26 taun.gatal di mis v saya kini berkembang menjadi kluarnya cairan berbau berwarna kuning kecoklatan, dan ketika buang air kcil terasa sakit dan pedih didalam maupun dibibir v. mohon dijelaskan jenis penyakit ini.

    • herlina
    • June 16th, 2012

    maap dok aku mau tanya, belakagan ini aku ngerasa suka gatal di v terus sekarang udah 3 hari aku merasakan sakit kalou buang air kecil, itu kenapa yah? dulu 5 thn yg lalau aku pernah periksa otal dai semua penyakit and semua negatip, cuman aku punya keputihan and inveksi ginjal, and 2 thn yg lalau aku jg periksa lg, semua negatif tp sekarang aku sakit buang air kencing, itu kenapa yah dok

    • Amel
    • July 11th, 2012

    Dok, ,
    Q punya gejala mens 3 kali brturut2, ,
    Awlx mens brlangsung pd prtngahan bulan. .
    Kmudian brhenti. .bbrapa hari kmudian mensku kluar lg pd akhir2 bulan dan brhnti lagi. .
    Dan skrg d awl bulan q dpt mens lgi dok. .
    Apa yang saya alami ini dok ?
    Apakah ini penyakit yang serius ?

  6. Untuk semua wanita yang terkena penyakit keputihan.Samada anda mau percaya atau tidak penyakit itu amat mudah diobati.Bila anda mencuci beras untuk dimasak air basuhan itu sebenarnya telah megeluarkan banyak zat berguna dari beras.Air cucian beras itu jangan dibuang.Air itu ditapis kemudian anda minum.Sehari minum tiga kali.Pagi tengahari malam kerana andakan masak nasi tiga kali sehari.Hari ketiga keputihan anda akan sembuh dan kelamin anda berbau harum…Ingatan..belum ada orang mati kerana minum air cucian beras.Selamat mencoba.

  7. Untuk mereka yang terkena gatal-gatal di vagina.Anda tumbuk lumat tiga atau empat batang serai makan sapukan kebahagian yang gatal sewktu hendak tidur.Rasanya sejuk dan nyaman sekali.InsyaAllah masalah anda selesai.Juga untuk anak gadis yang ditumbuhi jerawat tumbukkan lumat-lumat beberapa batang serai sapukan kemuka bila hendak tidur esok paginya sahaja jerawatnya sudah kering dan proses penyembuhan akan berjalan terus bila anda mengulangi pada hari-hari berikutnya.Selamat mencuba.

  8. Asia Tenggara memegang rekod dunia berhubung tumbuhan herba yang hidup subur dibumuinya.Di Malaysia terdapat 2500 spesis herba yang mengandungi nilai perubatan.Ini yang di catat dalam Ensiklopedia Britanica.Di Amerika hanya ada 500 spesis dinegara Cina pun kira-kira 500 specis sahaja.Orang bertanya mengapa di Asia Tengara yang tanahnya tidak luas dan berbentuk pulau-pulau boleh menampung sebegitu banyak spesis tumbuhan malah faunanya juga amat banyak dan pelbagai.Jawabannya ialah sebenarnya Asia Tenggara pada satu zaman adalah sebuah daratan yang luas Laut Cina Selatan itu pun adalah satu daratan .Letaknya dikawasan panas dan lembab hujan sepanjang tahun.Jadi tanahnya amat subur bagi membolehkan hidupnya pelbagai flora dan Fauna Selepas Zaman Pencairan glasiar ke 4 sebahagian besar daratan Asia Tenggara tenggelam menjadi laut.Saki baki hidupan itu kekal didaratan yang masih ujud kini iaitu daratan-daratan diseluruh negara Asean.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.