Cara Meningkatkan Percaya Diri

Diri sendiri adalah sifat penting yang Anda butuhkan untuk memperoleh kesuksesan di dalam kehidupan anda. Untuk satu hal ini, Anda harus memiliki kepercayaan diri terlebih dahulu untuk memperoleh rasa percaya diri dan menghargai orang lain. Kepercayaan diri tampaknya seperti jauh dan sulit untuk mencapai tujuan, namun dapat benar-benar dicapai dengan beberapa langkah kecil.
Bagaimana cara meningkatkan rasa percaya diri? Bagaimana cara menghilangkan sifat rendah diri terutama pada remaja. Meningkatkan rasa percaya diri adalah cara paling ampuh untuk menghilangkan sifat rendah diri. Ketika kita sudah mampu memperoleh kepercayaan diri, maka dengan sendirinya, sifat rendah diri itu akan hilang. Ingat, rendah diri berbeda dengan rendah hati. Rendah diri adalah sifat buruk yang terjadi sebab seseorang tidak memiliki rasa percaya diri yang bagus. Sedangkan rendah hati adalah sifat baik di mana seseorang bisa lebih menghargai dirinya dan orang lain di sekitarnya. ada beberapa tips yang bisa dijalani untuk meningkatkan kepercayaan diri.

1. Berkonsentrasi pada kekuatan bukan pada kelemahan.
Keyakinan berasal dari dalam. Anda harus berkonsentrasi pada hal-hal positif tentang diri anda. Menulis sepuluh hal positif tentang diri anda.

Memusatkan perhatian pada potensi. Ini adalah alasan Anda harus mencintai diri sendiri dan memiliki kepercayaan diri sendiri. Memberikan penghargaan sendiri untuk setiap hal positif yang Anda tulis tentang diri anda. Ingat, Anda seseorang spesial.

2. Mencoba hal baru
Pengalaman baru dapat memberikan keyakinan dengan membantu Anda tumbuh sebagai orang. Anda tidak perlu mengambil skydiving atau apapun drastis seperti itu. Memulai hobi baru atau mengambil kelas yang lebih besar untuk membantu Anda mengembangkan keterampilan abadi anyway.

Pendekatan pengalaman baru sebagai kesempatan untuk belajar, bukan kesempatan untuk menang atau kalah. Melakukan hal tersebut akan membawa Anda peluang baru dan dapat meningkatkan rasa penerimaan diri.

3. Menggunakan citra positif
Jalan untuk diri sendiri terutama adalah sebuah latihan mental. Visualisasi sendiri sebagai orang yang percaya diri adalah salah satu cara untuk membuat yakin mentalitas. Citra Positif adalah cara lain untuk membangun kepercayaan diri. Dan jangan memberikan ruang untuk berkembangnya pikiran negatif.

4. Meningkatkan skill percakapan
Meningkatkan kemampuan bicara dapat membantu Anda merasa lebih nyaman dan percaya diri dalam situasi sosial yang lebih besar akan mengakibatkan keyakinan secara keseluruhan. Jika Anda memelihara kontak mata dan menjadi pendengar yang baik, Anda juga akan mengeluarkan aura yang lebih percaya diri.

5. Jadilah diri sendiri
Dasar memiliki sikap positif terhadap diri sendiri adalah kunci untuk mendapatkan kepercayaan diri. Anda harus percaya dengan diri anda, dari kepribadian Anda, agar dapat benar-benar yakin bahwa anda bisa dan mampu.

Memang kita suka tidak percaya diri dengan kemampuan diri kita sendiri atau dengan fisik kita sendiri. Tapi sebelum tidak pd, lihatlah orang-orang yang memiliki cacat tubuh tapi dapat menjalankan aktifitasnya sehari-hari dengan penuh semangat dan percaya diri. Saya yang tidak memiliki cacat tubuh, suka malu sendiri jika membandingkan saya dengan mereka.

About these ads
    • ariz
    • April 27th, 2010

    terimakasih artikel ini sangat membantu…, tapi tolong bagaimana agar kita bisa untuk selalu menjaga untuk tetap PD dalam hal apapun…

    • umi
    • August 12th, 2010

    trimakasih artikelnya. Tp saya mengalami kesulitan menyebutkan 10 hal positif dr diri saya slain fisik saya yg normal, lalu saya harus bgmn? saya jg tkt apabila saya berkomunikasi dg org asing atau org yg tak terlalu dkt, saya org yg terlalu takut dg pandangan org trhadap saya. Apa saya sangat parah y?

    • Riany sagala
    • April 13th, 2011

    trima kasih artikel nya yang sangat bagus semoga saya dapat melakukannya dan berhasil menjadi orang yg PD(percaya diri) n tidak sombong

    • arta
    • May 7th, 2012

    artikel yang bagus :)
    lalu bagaimana cara menjadi diri sendiri? krn sya krng mengrti dngan diri saya sndiri.

  1. March 5th, 2011

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.